Disney Kirim Somasi, Google dan Reddit Dipaksa Buka-bukaan

Kampus Avengers. Dok: Disney

Disney dikabarkan mengirim somasi (subpoena) ke Google dan Reddit. Kedua platform teknologi tersebut dipaksa mengungkap identitas pengguna yang membocorkan skenario Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

TorrentFreak melaporkan bahwa salah satu unit bisnis Disney, MVL Film Finance, mengirim aduan dengan dasar pelanggaran Digital Millennium Copyright Act (DMCA) ke Reddit dan Google. MVL Film Finance adalah perusahaan pendukung Marvel Studios.

Dalam somasi tersebut, Reddit dan Google diminta untuk mengungkap seorang pengguna internet bernama MSSmods, yang pada awal 2023 membocorkan file Google Doc setebal 63 halaman berisi transkrip dialog film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, yang baru dirilis pada Maret.

Menurut Reddit, pengungkapan identitas MSSmods berarti membuka identitas lebih dari satu orang pengguna. Alasannya, akun tersebut digunakan bersama oleh moderator kanal (subreddit)

Disney juga meminta Google dan Reddit untuk mengungkapkan informasi pengidentifikasi yang mereka punya soal MSSmods, termasuk nama, nomor telepon, dan alamat IP – beserta detail tentang pengguna yang terlibat dalam posting, edit, dan upload bocoran tersebut.

Reddit tidak mau memberikan konfirmasi tentang rencana respons mereka atas somasi dari Disney. “Reddit berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna. Kami memiliki proses yang panjang untuk menyetujui permintaan legal atau menolak,” kata juru bicara Reddit.

Rencana Disney setelah mengetahui rencana mereka setelah berhasil mendapatkan identitas pembocor skenario tersebut. Dokumen yang dibocorkan MSSmods adalah terjemahan dari teks skenario bahasa Portugis, Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*